Senin, 08 September 2014

Tips Merawat Motor Gede

Merawat motor gede berbeda dengan merawat motor bebek atau matic.

Motor gede.

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia sangat pesat. Munculnya berbagai produk baru dengan tipe dan fasilitas canggih yang ditawarkan, membuat siapa saja yang melihat pasti kepincut. Hal ini berlaku juga untuk motor gede alias moge.
Seiring dengan berjalannya waktu, semakin hari semakin banyak jenis motor gede yang baru. Apalagi produk luar negeri yang ditawarkan dengan harga lebih murah. Terlepas dari itu semua, yang menjadi penting adalah masalah perawatan motor tersebut. 
Berikut ini akan dijelaskan mengenai tips merawat motor gede.

1.    Mesin

Pastikan mesin kendaraan Anda dalam kondisi normal. Usahakan selalu memanasi mesin sebelum motor di gunakan. Biasanya masalah yang terjadi adalah kondisi mesin tidak sehat, akibatnya jalan bisa lebih lambat.
Agar selalu mengecek mesin secara berkala, lakukan servis biasa setiap satu bulan sekali dan lakukan servis penuh pada motor Anda setiap penggunaan jaran 15.000 KM.

2.    Oli

Cek rutin keadaan oli motor Anda. Pada motor gede yang injeksi, biasanya oli memerlukan pergantian yang lebih sering daripada non-injeksi. Apabila terlambat dalam melakukan pergantian oli, dikhawatirkan beberapa komponen pada ring dan piston akan lebih cepat rusak.
Biasanya penggantian oli berlangsung antara 1-2 bulan tergantung pemakaian, atau sebelum di gunakan untuk jarak jauh dig anti terlebih dahulu.

3.    Tekanan angin

Tips merawat motor gede yang ketiga adalah selalu cek tekanan angin pada ban motor Anda. Usahakan agar tetap konstan pada aturan. Karena kurang sedikit saja, efeknya akan sangat terasa ketika ditunggangi.

4.    Bahan bakar

Karena motor gede ini termasuk barang yang special, bahan bakarnya pun dibuat special. Sangat disayangkan apabila masih menggunakan bensin, karena biasanya mesinnya berteknologi terbaru 95, akhirnya lebih baik menggunakan pertamax plus, atau minimal pertamax saja. Ini bertujuan agar laju motor tetap dalam keadaan prima.

5.    Rantai

Ketegangan rantai harus selalu di awasi, karena biasanya digunakan dalam kapasitas besar, motor gede lebih cepat mengalami kekendoran pada rantai. Usahakan bila perjalanan jauh rantai selalu diberi pelumas agar tidak menyusut setelah berhenti.

6.    Kelistrikan

Hal terakhir tentang tips merawat motor gede adalah masalah kelistrikan, hampir semua komponen motor gede selalu berhubungan dengan listrik, mulai dari double starter sampai digital analog penunjuk kecepatan dan tarikan gas. Oleh karena itu harus selalu memperhatikan aki sebagai sumber listrik utama, jangan sampai dalam kondisi buruk.

Tips merawat motor gede ini diberikan agar Anda senantiasa merawatnya atau paling tidak mengecek apabila terjadi kerusakan komponen-komponen motor. Ketika dirasa ada yang kurang enak, segeralah untuk ke bengkel yang bisa menangani motor gede. Tidak semua bengkel sanggup menerima pasien ini karena perbaikannya lebih rumit dan lebih kompleks. Biaya yang dikeluarkan pun lebih banyak sepadan dengan tingkat pengerjaanya.

Demkian informasi singkat mengenai tips merawat motor gede, semoga dapat menjadi panduan bagi Anda yang memiliki dan berusaha untuk merawat agar tetap dalam kondisi prima. Apabila masih ada hal-hal yang belum jelas, silahkan ditanyakan pada komentar dibawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar