Senin, 01 September 2014

Ganti Bohlam Lampu Biar Nyaman Saat Perjalanan Malam

Mengganti bohlam lampu H4

Memiliki headlamp mobil yang berfungsi dengan baik akan membantu Anda saat perjalanan malam hari atau ketika atau hujan lebat. Fungsi utama headlamp adalah untuk menerangi jalan, namun kerap kali lampu yang terletak dibagian paling depan mobil ini rusak. Penyebabnya mulai dari sambungan listrik yang tidak baik, hingga bohlam lampu yang mati.

Headlamp mobil biasanya menggunakan lampu jenis H4. Lampu jenis ini banyak dijual bebas dipasaran dengan beragam merek dan tingkat keterangan pancaran cahaya. Kalau lampuheadlamp mobil Anda rusak atau mati, berikut cara untuk menggantinya yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dari Carlist.my yang merupakan bagian dari grup iCar Asia.

Mengganti bohlam lampu H4

1. Pertama-tama cari soket yang menghubungkan kepala lampu, jika sudah ditemukan, pastikan Anda berhati-hati untuk  menariknya keluar dari rumah lampu.

2. Bohlam lampu H4 biasanya disegel dengan lapisan karet atau sekrup atau bahkan penutup plastik. Lapisan ini mencegah air dan debu masuk ke dalam rumah headlamp. Lepaskan penutup tersebut.

Ganti bohlam lampu H4

3. Bohlam lampu H4 ditahan oleh penyangga berbentuk tuas pegas. Tekan tuas keluar dari alurnya kemudian buka flip-nya.

4. Jika bohlam lampu sudah terasa longgar sekarang, tarik lampu keluar dengan memegang konektor belakangnya. Ingat, jangan pernah menyentuh elemen kaca dari bohlam tersebut, karena kotoran dan keringat dari tangan kita dapat menyebabkan dispersi panas tidak konsisten dan memperpendek umur bohlam.

Ganti bohlam lampu H4

5. Ketika bohlam sudah terlepas dari rumahnya, ganti bohlam tersebut dengan yang baru. Lagi-lagi kami mengingatkan pegang bohlam pada bagian kenektor belakang bukan pada material kacanya. Rekatkan kembali tuas pegasnya, termasuk karet penutup dengan sempurna. Kemudian letakkan kembali bohlam lampu di posisi semula sebelum Anda menariknya keluar. Terakhir nyalakan saklar untuk memastikan jika kedua rendah dan balok tinggi yang berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar