Senin, 08 September 2014

8 Tips Merawat Mobil Antik

Tidak dapat dipungkiri bahwa jaman sekarang masih banyak pecinta mobil tua. Meskipun banyak mobil yang lebih canggih, penggemar mobil antik memiliki tempat tersendiri, itulah sebabnya sampai muncul sebuah kelompok pecinta mobil antik. Berhubungan dengan itu, penulis akan membahas tentang 8 tips merawat mobil antik.


Ada beberapa panduan bagi pembaca yang menginginkan agar mobil tua nya tetap terlihat antik dan cantik. Pastikan Anda membaca ini sampai selesai agar tidak terjadi kesalahan. Beberapa 8 tips merawat mobil antik ini penulis dapatkan ketika mempelajari seluk beluk mobil Corolla tahun 1974 yang sudah tidak terpakai dan berhasil dimodifikasi sehingga menjadi sangat cantik.

8 Tips Merawat Mobil Antik
8 Tips Merawat Mobil Antik


Berikut beberapa 8 tips merawat mobil antik.

1. Merawat Mesin

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan mesin dalam keadaan normal. Sebagai motor penggerak dan usianya sudah tidak muda lagi, mesin sangat berpengaruh besar pada kinerja mobil terlebih jika melakukan perjalanan jauh. Memeriksa mesin harus secara keseluruhan.
Yang terpenting bagi mesin adalah sistem pengapian. Pengapian inilah yang membuat mobil tetap berlari. Namun karena kondisi mesin yang sudah tua biasanya banyak kerusakan, maka sebaiknya Anda perbaiki beberapa kerusakan-kerusakan terlebih dahulu.

2. Merawat Kabel

Banyak diantara pemilik mobil antik merasa terkecoh ketika mesin mobilnya tidak mau menyala, sebenarnya bukan pada masalah mesinnya, namun pada kabelnya. Cobalah Anda melakukan cek ulang pada kabel-kabel yang sudah berumur, biasanya ada banyak yang terputus atau bahkan sudah berkarat. Cara Merawat Mobil Antik.

3. Merawat Fisik

Jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan fisik mobil Anda, karena mobi antik, beberapa bagian harus dijaga agar tetap mulus. Untuk bagian bawah mobil, usahakan dilakukan pemeriksaan secara terus-menerus untuk menghindari kerusakan.

4. Merawat Jalur Bahan Bakar dan Oli

Meskipun terlihat sepele, namun ini penting. Cobalah cek dengan seksama pada ring yang menjadi pelindung supaya bensin tetap pada ruang bakar. Dikhawatirkan akan terjadi kesalahan pada pembuangan, biasanya akan keluar asap yang berlebih apabila proses pembakaran tidak sempurna. Periksa juga piston mesin agar mobil dapat berjalan mulus.

5. Per dan Kaki Mobil

Biasanya bagian paling rawan pada mobil antik adalah kondisi Rem dan kaki mobil yang harus di ganti. Per tidak dapat di perbaiki, oleh karena itu perawatan pada bagian ini sangat penting, terlebih pada kaki mobil agar ketika mobil melaju tidak terasa memiliki beban yang berat.

6. Cat Mobil

Karena sudah agak usang, sebisa mungkin ubah cat body mobil Anda dengan car cover, atau bila memiliki biaya silahkan cat kembali seluruh badan mobil dengan desain terbaru.

7. Kelengkapan Mobil

Periksa kembali kelengkapan mobil secara keseluruhan, dari atas sampai bawah, dari depan sampai belakang. Jangan sampai ada yang terlewat, termasuk lampu, tekanan ban, sampai interior mobil didalamnya tidak boleh luput dari pemeriksaan.

8. Cek Secara Berkala

Hal yang terakhir sebagai 8 tips merawat mobil antik adalah cek secara berkala mobil Anda agar tidak terlihat tua dan usang. Sedikitpun kerusakan yang tidak segera diperbaiki akan mengakibatkan berkurangnya kenyamanan bagi penggunanya.

Sebuah kenikmatan tersendiri mempunyai mobil antik, apalagi jika dalam keadaan normal. Harga jual juga akan lebih tinggi jika mobil tersebut terus dirawat. Jangan sampai mobil tua tergantikan oleh mobil-mobil baru yang hanya mengedepankan teknologi tanpa memandang keindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar