Senin, 08 September 2014

Alasan Bikers Memodifikasi Motornya

Kenapa motor yang tidak bermasalah selalu dimodifikasi?.

Motor yang telah dimodifikasi.

Kenapa sih motor yang tidak bermasalah selalu dimodifikasi? Pertanyaan itu pastinya sering keluar dari mulut sebagian orang, terutama orang tua kita. Orang tua atau kerabat terdekat, sering bertanya dan mengeluh kenapa motor yang masih baik penggunaannya, bahkan masih baru sudah harus dirombak dan diutak-atik karena alasan modifikasi.
Alasannya sebenarnya klise, para pemilik motor sebenarnya ingin memberi identitas serta ciri khas dirinya agar berbeda dengan motor yang lainnya. Sebab, pabrikan motor kan tidak mungkin membuat produk berbeda satu dengan yang lainnya. Pastinya banyak sekali motor yang sama dan mirip selain hanya plat motor yang dapat membedakannya.  
Beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Alasan Pekerjaan dan Kebutuhan
Sebenarnya, para bikers memodifikasi motornya hanya pada bagia tertentu saja. Hanya beberapa part saja yang dimodif berlandaskan kebutuhan. Apabila motor memiliki mesin yang standar mulai dari body, ban dan knalpot, biasanya hanya ditambahkan beberapa aksesori seperti box untuk membawa barang. Biasanya sih, hal tersebut dilakukan untuk alasanpekerjaan.
  1. Alasan Touring
Bikers yang memiliki alasan seperti touring ini biasanya adalah seseorang yang jarang di rumah dan selalu berpindah dari satu tempat ke tempat menarik lainnya. Para pengendara ini biasanya menyulap motornya menjadi motor spesialis touring seperti menambahkan beberapa peralatan jarak jauh seperti box untuk menyimpan barang, ban besar untuk jarak jauh serta memodifikasi ulang kelistrikan.
  1. Alasan Tampil Beda
Alasan inilah yang paling banyak digunakan oleh bikers mengapa mereka memodifikasi motornya. Biasanya, mereka hanya memodifikasi dengan mengganti warna cat serta memberikan sticker. Selain itu, para bikers biasanya juga menambahkan aksesori berupa spion yang bentuknya sangat unik.
4. Hobi otomotif
Ada juga orang yang suka motor modif karena tertarik dengan proses pengerjaannya. Biasanya, orang-orang seperti ini adalah mereka yang memiliki hobi otomotif. Jadi, dengan senang hati mereka akan mengutak-atik motor dan membuatnya sesuai dengan keinginan, bisa dengan mengubah mesin, menambahkan aksesori tertentu, dan juga mengganti warna cat serta menambahkan motif pada jok motor kesayangan.
Memodifikasi motor pada dasarnya memang tidak salah selama tidak menyalahi aturan sertaaman bagi pengendara itu sendiri dan pengendara lain. Pastikan jika Anda akan memodifikasi motor, bertanya serta berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya agar motor Anda aman serta tidak membahayakan ketika digunakan dalam jarak dekat maupun jarak jauh. Jadi, sudah siapkah Anda memodifikasi motor sesuai dengan karakter pribadi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar