Selasa, 04 November 2014

TIPS-TIPS JITU MENJALANKAN BISNIS ONLINE


Bisnis online semakin populer lantaran menawarkan banyak kelebihan dibandingkan bisnis offline. Murah dan mampu menjangkau lebih banyak konsumen adalah dua dari banyak alasan para pebisnis menjalankan bisnis online.
Meskipun demikian, menjalankan bisnis online tidak semudah membalikkan telapak tangan.karena menjalankan bisnis online membutuhkan keuletan dan kegigihan. Berikut ini adalah tips-tips jitu menjalankan bisnis online seperti yang diungkapkan oleh Andy Nugroho, perencana keuangan dari MRE Financial dan Bisnis Advisory.
  1. Manfaatkan berbagai saluran komunikasi sehingga konsumen bisa menghubungi Anda dengan mudah seperti media sosial, SMS, instant messanger dan lain-lain.
  2. Selalu merespon dengan cepat dan baik setiap pertanyaan dari konsumen sehingga konsumen merasa aman dan terlayani.
  3. Tampilkan produk yang Anda tawarkan secara terperinci karena konsumen tidak dapat secara langsung memegang dan melihat produk Anda. Gambar produk harus ditampilkan semenarik mungkin dan bahkan kalau perlu, sewalah fotografer profesional. Bila produk yang Anda tawarkan adalah barang, sebutkan secara terperinci barangnya, terbuat dari bahan apa, berapa beratnya dan lain-lain.
  4. Persiapkan rekening dari beberapa bank berbeda untuk memudahkan konsumen melakukan pembayaran. Jika pembayaran sudah diterima, segera konfirmasikan kepada konsumen dan berikan perkiraan kapan barang akan sampai di alamat konsumen. Supaya lebih meyakinkan, sebutkan juga nomor resi pengiriman barang kepada konsumen.
  5. Harus terbuka terhadap kritik dan saran. Kadangkala barang yang diterima konsumen tidak sesuai dengan gambar yang ada dan konsumen komplain, maka jawablah komplainnya dengan baik. Jangan menjawab dengan kata-kata yang menyerang walaupun kesalahan bukan pada Anda sebagai penjual.
  6. Buatlah program jaminan uang kembali jika barang yang diterima tidak sesuai harapan konsumen atau rusak dengan ongkos kirim ditanggung oleh pembeli. Walaupun Anda menanggung kerugian, anggap saja hal tersebut sebagai biaya iklan Anda demi kepuasan konsumen.
  7. Mintalah testimoni dari konsumen Anda yang puas. Hal itu akan membuat orang lain akan percaya dengan kredibilitas Anda.
Demikianlah tips-tips jitu dalam menjalankan bisnis online. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi Anda yang berniat menjalankan bisnis online.

SHARE AND ENJOY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar