Selasa, 04 November 2014

MENCARI USAHA MENGUNTUNGKAN


Ada banyak ide usaha menguntungkan yang dapat Anda pilih. Namun, pertama kali, pilihlah jenis usaha yang cocok dan sesuai dengan bakat minat Anda. Selain Anda akan lebih mudah meletakkan passion atau semangat Anda dalam bisnis tersebut; cakupan pilihan Anda akan lebih sempit, sehingga akan lebih mudah menentukan jenis usaha yang paling tepat.
Langkah selanjutnya, adalah menyesuaikan sasaran target yang Anda pilih. Di jaman serba digital ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyasar target yang Anda inginkan. Benar, memang tidak semua bidang usaha bisa masuk ke dalam ranah digital; namun, dunia digital memungkinkan Anda untuk mengenalkan dan mengembangkan usaha dalam skala yang lebih luas.
Nah, jadi kira-kira usaha apa yang cocok dan menguntungkan untuk Anda?

LANGKAH MENCARI USAHA MENGUNTUNGKAN

Mencari jenis usaha menguntungkan, terlebih cocok dengan pribadi kita memang tidak mudah. Bisa jadi teman Anda meraup keuntungan besar dari menjadi reseller baju anak-anak; namun Anda malah hanya sekedar balik modal; jika tidak dapat dikatakan rugi.
Apa penyebabnya? Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa karena Anda kurang jeli melihat pasar, timing yang kurang tepat (contoh memulai bisnis baju tepat sesuai lebaran), atau malah cara pengelolaan usaha Anda yang kurang handal.
  1. Kenali diri Anda
Untuk meminimalisir faktor kerugian, adalah wajib bagi Anda untuk memahami diri Anda sendiri sebelum menentukan usaha menguntungkan yang akan Anda jalani. Caranya? Buatlah checklistatau daftar kesiapan bisnis Anda. Mulai dari daftar karakter pribadi Anda, kondisi pribadi Anda (paham konsekuensi bisnis terhadap waktu dan keluarga) hingga seberapa siap Anda bagi menjalankan sebuah usaha.
  1. Lakukan riset atau uji coba pasar
Misalkan Anda menyukai hobi membuat pernak-pernik dari bahan tak terpakai. Cobalah perlihatkan  hasil karya yang Anda buat dan minta tanggapan teman-teman Anda. Tanyakan pendapat mereka mengenai bentuk, model, dan terlebih harga.
Untuk mendapatkan data yang lebih luas, Anda dapat meminta pendapat teman-teman sosial media Anda. Selain bisa sebagai promo awal, dengan cara ini Anda semakin paham pasar seperti apa yang akan hadapi.
  1. Carilah mentor bisnis
Perbanyak ilmu bisnis Anda dari mereka yang telah sukses menjalankan usaha. Jika mungkin minta mereka menjadi pembimbing Anda untuk memulai usaha. Jika tidak amati bagaimana mereka menjalankan usaha dan terapkan cara mereka pada usaha Anda.
Bergabunglah dalam sebuha komunitas bisnis agar Anda bisa meng-update pengetahuan atau memperoleh trik-trik menjalankan usaha menguntungkan.
  1. Mulai usaha Anda
Bila Anda telah memahami pribadi dan pasar yang akan sasar; segeralah mulai bisnis Anda. Lakukan pengelolaan usaha dengan baik dan lengkapi usaha Anda dengan perangkat manajerial yang sesuai. Seperti surat ijin usaha, NPWP, rekening bank sebagai lalu lintas uang dan keperluan administrasi usaha dan lain sebagainya.
Jangan lupa jalinlah komunikasi yang baik dengan pesaing dan terutama konsumen Anda. Hal ini penting untuk mendapatkan dan menjamin kelangsungan usaha menguntungkan Anda.
Masih butuh ide usaha apa saja yang menguntungkan? Artikel pada link berikut mungkin bisa membantu Anda.

SHARE AND ENJOY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar